Cara Flash Samsung J100H 4 File Tanpa Takut Matot

Joelzr.com | Pernahkah sobat flash Samsung J1 (J100H) 4 File dan berakhir matot? Terkadang terpaksa kita harus ganti rugi hape user? Jika benar, silakan lanjutkan membaca tips cara flash Samsung 4 file ini tanpa ada rasa takut mati hape user.



Flash Samsung J100h 4 File

File ini disebut juga firmware repair, karena isi dari kandungan file ini merepair Samsung anda secara keseluruhan, beda dengan 'one pack' yang harus kita hard reset setelah flashing selesai.

Kenapa firmware ini disebut 4 file?

Jawabannya pasti karena isi filenya memang 4, walau terkadang ada file 'pit' didalamnya, tapi tidak kita hitung, karena itu bukan merupakan file flash, tetapi untuk repartisi saja, apakah bisa kita repartisi tanpa adanya firmware? Jawabannya 'tidak', karena setiap melakukan repartisi ulang itu membutuhkan file dari tipe yang akan kita flash.

Mengenal fungsi-fungsi menu pada Odin

Sebelum melanjutkan ke topik utama 'Cara Flash Samsung J100H 4 File Tanpa Takut Matot' ada baiknya saya coba uraikan fungsi dari pada beberapa opsi yang ada pada Odin tool flash, karena tanpa mengenal fungsi dari sebuah file, ibarat sakit kepala dan yang kita butuhkan hanya obat sakit kepala saja, karena kita belum tau masing-masing khasiat (fungsi) dari obat tersebut, terpaksa kita minum semua, resikonya bisa jadi tambah parah akibat komplikasi penyakit.

Nah, begitu dengan kasus ini, jangan biasakan flash full, tapi ketahui fungsinya dulu untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Pada artikel sebelumnya saya sudah coba bahas trik menangani ODIN FAIL SOLUTION disana kita kupas trik untuk menangani sebab musabab gagal flash via odin dan jalan keluarnya, dan wajib dibaca oleh teknisi pemula supaya lebih paham sebelum melangkah lebih lanjut.

Fungsi PDA atau AP (system dan Recovery)

AP (Application Processor or PDA) Adalah berkas file android yang berisi file-file berikut : Img, md5, sum, boot, recovery, system, userdata, cache dan moviNAND

Fungsi CSC

CSC (Consumer Software Customization) : Ini berisi paket perangkat lunak khusus untuk 'region' setempat dan pengaturan APN

Fungsi BL

BL (bootloader) adalah : nama filenya, berfungsi untuk flash bootloader (booting) dari perangkat, jika beda file bootloader, kemungkinan besar hape akan hard brick.

Fungsi CP atau Modem

CP (Core Processor) adalah : Adalah file modem atau radio

Fungsi CSC

CSC (Consumer software customization) adalah : File untuk negara, region dan operator, silakan add file CSC ini jika anda ingin menghapus semua data pada perangkat anda.

Fungsi Home CSC

Home CSC (Consumer software customization) adalah : File untuk negara, region dan operator juga, tetapi fungsinya tidak untuk menghapus aplikasi dan data dalam perangkat Samsung, jadi kebalikan dari fungsi CSC

Fungsi Pit

PIT (Partition Information Table) adalah : File yang berfungsi untuk me-repartisi pada Samsung, jangan dipaksakan memasukkan 'pit' jika beda type, karena akan menyebabkan hapenya matot.

Cara Flash Samsung J1 SM-J100H Tanpa Takut Matot

Sebagaimana penjelasan diatas, maka bisa kita pastikan bahwa penyebab matot pada Samsung, baik itu J1 atau seri lainnya terletak pada file Boot (Bootloader) yang berfungsi untuk booting (memulai=menjalankan) system, jika file ini salah masuk ke system, maka dipastikan android akan brick.

Bagaimana jalan keluarnya?

Salah satu trik yang paling jitu tanpa takut matot adalah dengan cara tidak memasukkan file bootloader ke Odin atau ke tool apapun yang anda gunakan, anda cukup memasukkan file lain saja.
Add file PDA
Add file PHONE
Add file CSC/HOME CSC

Untuk kolom 'PIT' dan 'Bootloader' kosongkan saja, jadi proses flashing yang seperti ini aman dan tidak menyebabkan brick Samsung yang kita tangani.

Catatan : Sebaiknya untuk flashing Samsung hindari menggunakan firmware 4 file (repair), dan sangat kami sarankan menggunakan file One Pack saja.



Sekian pembahasan tentang Cara flash Samsung J100H tanpa takut matot, semoga bermanfaat buat semuanya, jangan lupa tinggalkan komentar atau sekedar ' say hallo ' jika dirasa bisa diambil faedah dari tulisan ini.

0 Response to "Cara Flash Samsung J100H 4 File Tanpa Takut Matot"

Post a Comment

Semua posting tentang ANDROID rata-rata hasil tested, jika ada yang gagal, kemungkinan terjadi kesalahan pada caranya, firmwarenya atau perangkatnya.

Jagalah kesopanan dalam berkomentar, terima kasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel