Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Firmware infinix update SC X6827- X6812B- X6812- X6810- X668C- X666B- X665E- X665B Firmware iTel & Tecno update SC KH6- KG5k- PR651- LE7- LD7- KG7- KG5k- KF6p- Firmware Advan update SC Nasa Plus Nasa Pro Advan G5 Advan G5 Plus Advan G6 Advan G9 Advan GX Tab 8 Elite Tab A8 Tab Gallilea Tab Sketsa 2 Tab VX Firmware Bypass Micloud update Redmi 9c Redmi Note 8 Pro Poco F1 Redmi 10X Redmi 9 Redmi Note 7 Redmi K30 Redmi K20 Redmi Note 10s Redmi Note 8T Mi Note 10

Cara Ampuh Masuk Mode Edl Untuk Semua Type Xiaomi Tested

Cara masuk mode Edl Redmi 3, redmi 3 Pro, redmi note 3 pro, Redmi 3s atau type lainnya yang menggunakan mode edl untuk melakukan flashing.

Apa itu mode EDL itu? Mode edl adalah mode khusus untuk melakukan flashing xiaomi berbasis qualcom, sebenarnya kalau mode fastboot boleh saja tetapi kadang suka error apalagi masih locked bootloader, mau tidak mau harus masuk mode edl, salah satunya adalah Redmi 3S (2016030) sama file Redmi 3X (2016035) dan beberapa type lainnya

Mode edl di tandai dengan munculnya angka '9008' di device manager, jika memang belum ada driver, silakan download dulu driver Qualcomm dan Qualcomm diag Qd loader qfil driver dan bahan-bahan lain seperti adb, silakan download adb setup 1.4.2 yang bahan lain yang diperlukan semisal firmware/ROM xiaomi yang dimaksud.

Jika bahan-bahannya sudah siap, silakan kita mulai masuk ke mode EDL, ada beberapa cara untuk masuk mode EDL jika memang cara yang biasanya belum berhasil dilakukan.

Edl Mode From Fastboot
Artinya kita masuk edl melalui mode fastboot, caranya silakan masuk ke mode fastboot dulu, silakan tekan dan tahan tombol power dan volume (-) sampai muncul gambar boneka kelinci atau apalah kurang paham juga saya, lihat ada tulisan fastbotnya disana, lepaskan tombolnya.

Jika sudah dalam posisi itu silakan colokkan usbnya ke pc, tunggu driver terdeteksi. Jika semuanya sudah beres silakan buka C>Adb. Silakan tekan dan tekan tahan tombol shift di keyboard dan klik kanan di dalam folder adb-nya dan pilih 'open command window here'.


Ketikkan perintah 'fastboot oem edl' (tanpa tanda petik) lalu ENTER, jika sukses hasilnya seperti gambar dibawah. Dan posisi hapenya langsung masuk ke mode Edl dengan layar gelap seperti posisi hape mati, jangan panik karena memang mode edl seperti itu. Kadang ada juga terjadi error saat menerima perintah, itu biasanya dikarenakan hape xiaomi-nya masih dalam keadaan locked bootloader, silakan buka dulu dan cari solusinya di google.

Edl mode all mode xiaomi

Langkah selanjutnya silakan cek driver di device manager, jika terdeteksi 9008 artinya sudah bisa langsung flash, namun jika di device manager masih 9008! (ada tanda serunya) silakan klik kanan>update driver>browse my computer> let me pick from...pilih yang 9008 paling atas (jika ada beberapa disana) jika tidak berhasil coba pilih yang lainnya.

Selanjutnya buka miflashtool dan refresh dulu, jika muncul port com (com20 misalnya) artinya sudah bisa di lanjut dengan memilih file yang mau di flash.

posisi xiaomi terdeteksi port 9008 (Com)

Gambar dibawah flashing sedang berjalan normal tanpa ada kendala, tunggu done sekitar 10 menitan.


Hasil sukses menunjukkan berhasilnya flashing xiaomi yang saya lakukan, tinggal cabut usb dan tekan power saja agak lama dan tahan sampai muncul logo MI-nya.


Perlu di ketahui kalau type hape xiaomi itu mirip-mirip dan banyak yang mati setelah flash hanya karena salah menggunakan firmware, jadi untuk meminimalisir salah rom yang digunakan pada xiaomi ada beberapa cara, artinya untuk mengetahui type xiaomi (jika kita atau pemiliknya tidak tau) dan kode di belakang kesing tidak ada lagi silakan pelajari kiat-kiatnya pada Cara mengetahui semua  type Xiaomi via fastboot.

Edl Mode From Debugging
Cara kedua (jika gagal cara pertama) adalah dengan mengaktifkan usb debug pada pengaturan > tentang>versi MIUI (tekan beberapa kali sampai muncul pemberitahuan) lalu kembali ke 'Setelan tambahan' dan lihat di bawah ada 'Opsi pengembang' dibuka saja dan 'aktifkan debugging USB'. Tentunya cara ini belum bisa berlaku pada xiaomi yang lupa akun mi (micloud) atau pola dan sejenisnya, karena kita tidak bisa masuk ke pengaturan.

Anggap saja posisi xiaomi hilang jaringan 3G atau 4G atau mau flash ulang dengan ROM global, jadi silakan masuk ke usb debug dulu.

Jika sudah aktif silakan colok usbnya. Silakan lihat ke pc dan buka C>Adb (lihat caranya diatas) selanjutnya ketikkan perintah 'adb devices' (tanpa tanda petik) dan enter. (sejenak perhatikan hapenya biasanya butuh konfirmasi dengan mencentang izin untuk pc) Lihat hasilnya dibawah dalam kotak merah. Jika sudah terdeteksi seperti di gambar silakan di lanjut dengan mengetik 'adb reboot edl' (tanda tanda petik).

Dan posisi hapenya langsung masuk ke mode Edl dengan layar gelap seperti posisi hape mati, jangan panik karena memang mode edl seperti itu. Kadang ada juga terjadi error saat menerima perintah, itu biasanya dikarenakan hape xiaomi-nya masih dalam keadaan locked bootloader, silakan buka dulu dan cari solusinya di google.


Edl Mode Via Mode Download
Masuk ke mode download silakan tekan dan tahan tombol power dan volume (+) beberapa saat hingga muncul gambar seperti dibawah ini, langsung pilih mode download (lingkaran merah) dan jika berhasil otomatis hapenya masuk ke posisi Edl.


Bagaimana jika posisi hapenya tidak berhasil masuk ke edl dengan mode download? Ada juga sebagian type masuk ke mode  'usb' tampilannya seperti gambar hape yang butuh colokan usb atau tidak ada sama sekali, artinya harus cari solusi lain.

Mode Edl Via Kombinasi Tombol
Cara yang mudah adalah dengan menekan tiga tombol sekaligus, tetapi ada tata cara penekanan bukan asal menekan.

Caranya silakan posisikan hapenya ke mode fastboot (tested), selanjutnya tekan dan tahan power, volume (-) dan volume (+) bersamaan dan tunggu 2x getaran, getaran pertama loading (tahan saja jangan lepas) dan getaran kedua langsung layar redup, pada saat layar redup lepaskan semua tombol dan mode redup itu adalah mode edl.

Bagaimana jika redup sesaat namun hapenya hidup lagi? Silakan dicoba sekali lagi, jika masih belum berhasil juga artinya harus di coba alternatif lain, silakan coba semua cara diatas semoga ada yang nyantol.

1 comment for "Cara Ampuh Masuk Mode Edl Untuk Semua Type Xiaomi Tested"