Apa Itu Root? Ini Kelebihan Dan Kekurangan Root Android

Joelzr.com | Apa Itu Root? Ini Kelebihan dan Kekurangan Root Android - Sebelumnya izinkan saya mengucapkan 'selamat datang' di blog baru dan kami mencoba berbagi apapun seputar perangkat smartphone yang memang sudah  menjadi kebutuhan bagi siapa saja saat ini.

Apa Itu Root

Kali ini kami coba paparkan beberapa ulasan seputar bagaimana cara root android. Sebagai pembuka kami ingin menjelaskan sedikit bahwa, melakukan akses root itu bisa mengakibatkan hilangnya garansi dari providor brand android yang kita miliki, dan jika proses rooting itu tidak dilakukan dengan benar atau gagal root, maka biasanya akan beresiko.

HARAP DICATAT: Rooting perangkat dapat membatalkan garansi pada perangkat dan dapat membuat perangkat tidak stabil atau jika tidak dilakukan dengan benar.

Apa itu Root?

Root atau rooting adalah membuka hak akses pada suatu perangkat dengan level penuh, artinya kita dengan mudah bisa memodifikasi file yang sebelumnya tidak dapat diakses, misalnya file yang ada pada partisi data dan system.

Apa keuntungan dan kerugian root android?

Setiap melakukan sesuatu pastinya ada keuntungan dan kerugian yang didapat, begitu juga dengan membuka akses root pada perangkat android, baik itu jelly bean, kitkat, lolipop, marsmallow, nougat, oreo, pie dan lain sebagainya.

Keuntungan root android

Pada dasarnya tujuan root android itu untuk memudahkan pemakainya, karena jika sebelumnya tidak bisa diinstal aplikasi pihak ke 3, jadi sudah bisa, jika sebelumnya mustahil menghapus beberapa aplikasi bawaan pabrik, kini dengan mudah bisa kita buang dan membuat ram sedikit lega dari biasanya.


Sejak Os marsmallow dan Nougat yang beredar, ada banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan malah sudah dijadikan sebagai aplikasi bawaan pabrik (default), jadi jika posisi hape kita sudah di root, maka dengan mudah kita mencopot aplikasi bawaan tersebut.
Banyak remaja sengaja root android, Samsung, Oppo,, Vivo dan lain sebagainya hanya bertujuan untuk main game, dan pastinya supaya bisa instal aplikasi cheat game, karena secara defaultnya beberapa file apk tidak berjalan bahkan tidak bisa di instal pada hape tertentu, jadi solusinya adalah dengan cara rooting.


Kerugian root android

Adapun kekurangan atau resiko dari kerugian root antara lain, membuat perangkat tidak stabil, banyak aplikasi tidak berjalan sebagai mestinya, sering restart sendiri (bootlop), hank tiba-tiba (freeze) bahkan menyebabkan brick karena gagal system.


Memiliki akses root bukan satu-satunya langkah terakhir untuk memodifikasi perangkat, walau demikian kebanyakan akses root sering digunakan untuk menginstal pemulihan kustom yang bisa digunakan untuk flash ROM kustom, kernel dan modifikasi lainnya.


Karena kekuatan inherennya, punya akses root seringkali berbahaya, tapi beruntung ada aplikasi root brokering seperti SuperSU yang hanya memberi akses ke aplikasi yang kita pilih, sebenarnya ada juga berbagai utilitas lain yang mendukung root yang tersedia untuk membantu kita jika terjadi kesalahan.

Tau nggak sih kalau akses root juga memungkinkan kerangka Xposed?

Apa itu Xpoded?
Exposed adalah sebuah framework (kerangka kerja) untuk modul yang dapat mengubah perilaku system aplikasi tanpa menyentuh APK apa pun. Itu artinya modul dapat bekerja untuk berbagai versi dan ROM tanpa perubahan (selama kode aslinya tidak banyak yang berubah), jika ingin ke kembali ke system original, anda hanya perlu menonaktifkan modul dan reboot perangkat.
Ada banyak keuntungan lainnya, tetapi di sini hanya satu lagi: Beberapa modul dapat melakukan perubahan pada bagian sistem atau aplikasi yang sama. Dengan APK yang dimodifikasi, Anda harus memutuskannya. Tidak ada cara untuk menggabungkannya, kecuali penulis membuat beberapa APK dengan kombinasi berbeda.

0 Response to "Apa Itu Root? Ini Kelebihan Dan Kekurangan Root Android"

Post a Comment

Semua posting tentang ANDROID rata-rata hasil tested, jika ada yang gagal, kemungkinan terjadi kesalahan pada caranya, firmwarenya atau perangkatnya.

Jagalah kesopanan dalam berkomentar, terima kasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel