Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Firmware infinix update SC X6827- X6812B- X6812- X6810- X668C- X666B- X665E- X665B Firmware iTel & Tecno update SC KH6- KG5k- PR651- LE7- LD7- KG7- KG5k- KF6p- Firmware Advan update SC Nasa Plus Nasa Pro Advan G5 Advan G5 Plus Advan G6 Advan G9 Advan GX Tab 8 Elite Tab A8 Tab Gallilea Tab Sketsa 2 Tab VX Firmware Bypass Micloud update Redmi 9c Redmi Note 8 Pro Poco F1 Redmi 10X Redmi 9 Redmi Note 7 Redmi K30 Redmi K20 Redmi Note 10s Redmi Note 8T Mi Note 10

Gagal Flash Menggunakan Odin? Ini Penyebabnya

Joelzr.com | Penyebab gagal flash menggunakan odin - Flash samsung selain odin sebenarnya ada banyak cara dan solusi yang tepat, namun kebanyakan teknisi justru hanya mengandalkan Odin semata-mata untuk alat flash Samsung. Walau bagaimanapun setiap tool itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi terkadang tool berbayar juga tidak bisa menjamin agar kita sukses melakukan flashing.

odin fail solution


Gagal Flash Menggunakan Odin


Kenapa Odin fail? Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan Odin fail, baik dari segi versi firmware yang digunakan, versi Odin, PC dan juga kabel USB yang kita pakai, walaupun demikian, penyebab utama itu ada pada versi firmware Samsung yang kita gunakan, dan itu yang menentukan sukses atau tidaknya saat kita melakukan flash.

Walau ada beberapa type hape terbaru yang suka gagal bila kita gunakan Odin versi lama, jadi solusi satu-satunya adalah dengan menggunakan Odin versi terbaru, dan itu sudah menyelesaikan masalah gagal flash via Odin.

How To Fix Samsung Flash Fail?


Apakah hanya dengan menggantikan versi Odin sudah bisa menyelesaikan masalah? Disini ada 2 jawaban :

Pertama : Jika masalah error hape jadul dan kita menggunakan versi terbaru atau sebaliknya, maka mengganti versi Odin itu sudah menyelesaikan masalah tersebut, karena tidak singkron-nya script Odin tersebut dengan extensi per file yang ada dalam packet MD5 atau tar.Md5.

Kedua : Jika error flash Samsung bukan akibat versi Odin, melainkan versi firmware atau lainnya, maka itu sama sekali tidak berpengaruh, jadi ada beberapa penyebab lainnya yang mengakibatkan gagal flash menggunakan Odin. Salah satunya adalah ketidak-cocokan versi firmware yang kita gunakan, sehingga saat firmware mulai masuk ke hape, maka akan terjadi penolakan dan berakhir dengan FAIL. Yok simak Penyebab Gagal Flash Menggunakan Odin pada uraian dibawah ini.

Binary Samsung

Kenali binary-nya dari build number (nomor bentukan) dari hape Samsung atau bisa dari recovery mode.

Angka binary ditandai dengan angka yang ada pada deretan kelima bila dihitung dari sebelah kanan rom

Bagaimana cara mencari firmware samsung yang cocok

Pertanyaan diatas muncul ketika seseorang bingung lantaran sering terjadinya gagal flash Samsung dengan Odin 'failed odin', apakah firmwarenya tidak cocok atau teknisinya yang masih baru belajar?

Ada beberapa tips simpel dan mudah untuk anda yang sering mengalami gagal flash khususnya pada brand Samsung :

flash samsung core 2 fail
Contoh recovery G935F

Dari gambar diatas sudah bisa lihat binary yang tampil pada layar, perhatikan arah panah gambar diatas yang mana itu merupakan binary yang wajib kita tau untuk menghindari flash failed atau gagal flash pada hape Samsung, sebagaimana yang telah kita bahas diatas, kita bisa mengetahui binary Samsung itu berdasarkan angka kelima jika dihitung dari arah kanan.

Contoh binary Samsung sebagai berikut :

G935FXXU1CPJ2 (Contoh binary 1)
G935SKSU3APD5 (Contoh binary 3)

Bagaimana dengan contoh dibawah, binary berapakah ini...?


a) A710FXXU2BQC2
b) A710FXXU2BPK3
c) A720FXXU3CRE9

Pasti jawabannya adalah
a) Binary 2
b) Binary 2
c) Binary 3

Saya anggap anda sudah mengetahui binary pada setiap hape yang hendak anda flash, langkah selanjutnya adalah penerapan untuk menghindari 'gagal flash' pada Samsungnya.


Salah satu penyebab gagal software adalah beda nomor binary, maka samakan binary-nya anda akan berhasil

Sebelum kita lanjut ke poin 3, apakah poin 2 diatas sudah paham?

Baik, saya rasa sudah paham ya semua. Saya lanjutkan sedikit lagi sebagai uraian dari poin nomor 2 diatas.

Kalimatnya adalah : 'maka samakan binary-nya anda akan berhasil'.

Artinya adalah : jika disana ada binary 2, maka anda harus cari firmware yang binary 2, sekalipun nomor lainnya itu berbeda tak mengapa, karena yang dibutuhkan adalah angka binary saja (bukan sama pada keseluruhan).

Contoh :
A710FXXU2BPK3 : itu binary 2, maka anda boleh menggunakan beberapa versi rom atau build number atau versi baseband-nya, misalnya anda boleh menggunakan salah satu versi dibawah ini (sembarang versi asalkan sama-sama binary 2) :

A710FXXU2BPK1 atau A710FXXU2CPJ2 atau A710FXXU2CQI6 atau A710FXXU2CQE3 atau A710FOXY2CQI5


Binary yang sama itu tidak menjamin 100% anda berhasil, benarkah?


Jika penyebab gagal flash salah satunya adalah beda binary, maka kesamaan binary tidak bisa menjamin anda berhasil 100%, bisa dipahami?

Contoh kasus yang sering kita temui pada Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H yang hampir rata-rata orang mengalami hal yang serupa, padahal binary-nya sama.

Bagaimana cara flash Galaxy Grand Prime SM-G530H agar tidak failed?


Perhatikan type-type dibawah ini, kasus dibawah ini paling banyak dialami oleh sebagian orang dikarenakan sering gagal flash via Odin :



How to fix samsung flash fail


Flash Samsung g530h Flash failed
Flash Samsung g355h flashing failed
Flash samsung g750h failed
Flash samsung j120g fail
Flash samsung j200g fail


Apakah anda juga sering mengalaminya? Jika benar, perhatikan beberapa poin penting dibawah ini.

Jika sama angka binary masih gagal flash, maka jalan keluarnya adalah dengan menyamakan semua angka yang ada pada romnya/recoverynya

Silakan lihat di versi build number atau versi baseband atau boleh di recovery mode-nya. Perhatikan gambar dibawah ini.


G950FXXU1AQD

Perhatikan buildnya adalah : G950FXXU1AQDD, selanjutnya silakan anda cari firmware dengan nomor yang sama di koleksi firmware Samsung, karena trik ini hampir 99% sukses menangani kasus gagal flash dengan Odin, selama eMMC tidak bermasalah.

Perhatikan notif fail Odin.


Artinya dalah memperhatikan dengan seksama notif di bagian log pada Odin, bisa di cek di bagian kiri bawahnya. Perhatikan gambar berikut, fokus ke arah panahnya.



Keterangan :
Pada kasus gagal flashing via odin diatas ada notif fail pada file 'sboot.bin' dan itu sering terjadi sekalipun sama versi binary atau sama versi build-nya.

Jadi salah satu solusi gagal flashing via odin adalah dengan menggunakan Box-flasher atau Dongle yang punya fitur check-unchek pada file yang failed tersebut.

Dan sedikit masukan buat rekan-rekan semua yang sering gagal flash ini, solusi alternatif lainnya adalah dengan menggunakan UAT Tool, disarankan yang Pro atau berbayar, karena kelebihan dari UAT ini sangat banyak sekali, dan untuk melihat kasus per kasus tentang Odin fail silakan kunjungi forum xda-developers.

Demikian artikel singkat seputar pengenalan binary pada Samsung serta penyebab gagal flash menggunakan Odin, semoga bisa bermanfaat buat semuanya, jika ada kejanggalan silakan ditegur untuk kesempurnaan artikel joelzr.com berikutnya.

Jika ada kendala saat pelaksanaan dilapangan, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar yang telah disediakan, semoga menjadi berkah buat semuanya, Amin-amin.



Download Odin terlengkap versi baru 2018-2019 dan lama

14 comments for "Gagal Flash Menggunakan Odin? Ini Penyebabnya"

  1. Replies
    1. Tergantung tipe hapenya juga, kalau versi baru boleh liat tutorial di youtube aja utk cara masuk recovery mode-nya

      Delete
  2. Terima kasih atas penjelasannya, namun kendala saya bukan di firmware, melainkan di TWRP. Posisi android MM terbaru Galaxy Tab S 10.5 XID, ingin install TWRP tetapi selalu fail. Sudah install-uninstall driver, coba pakai Heimdall, coba pakai Odin tetapi masih gagal. Saya juga coba download kumpulan Odin dari website ini, apakah ada solusi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek file TWRP dlu apakah sudah support untuk hp dan os tersebut? Biasanya beda twrp beda support-nya.

      Delete
  3. Gan saya flash Samsung T590...akan tetapi akun bypass tidak hilang Gan,...dan samsung saya gagal flash ulang gan.....solusi nya gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tau secara spesifik gagal bagian mana?

      Pastikan binary sama, dan kami sarankan menggunakan versi odin yang agak tinggi.

      Dan untuk akun google drive tidak akan hilang dengan sebab Flashing, boleh cari tutorial aja di youtube cara bypas frp Samsung tipe tsb. Semoga membantu.

      Delete
  4. proses odin terhenti di recovery.img

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti odin versi agak tinggi, coba juga dengan menggunakan dongle, kalau masih sama coba ganti firmware lain dengan binary yang sama dan os yang berbeda (kalau ada), semoga membantu.

      Delete
  5. Kalo gini gimana om...
    Get PIT for mapping
    There is no PIT partituon
    Solusinya gimana ya

    ReplyDelete
  6. nanya gan
    saya flash samsung note edge
    tanpa melihat binary asli saya coba firmware berhasil to masalahnya timbul di pemutar music dan video tidak bisa bekerja file tidak mendukung terus you tube tidak bekerja dan memilih nada sering suara tidak keluar. saya lihat di playstore update video player nya tidak kompitable dan bertuliskan versi note 3 dan samsung s4 trus kesalahannya di mana tu gan..
    tolong oencerahannya

    ReplyDelete
  7. mantap,tapi mentok di google akun...huk....huk

    ReplyDelete