Cara Flashing Vivo Y15 Hardbrick / Matot

Akhir-akhir ini banyak sekali yang mengeluhkan Vivo Y15 mati setelah flash atau istilahnya hardbrick. Kenapa bisa terjadi seperti itu?

Banyak hal yang mengakibatkan sebuah type device itu mati total, bisa jadi karena batrenya sudah zonk sehingga saat kita charger tidak ada efek, itu dikarenakan suplay arus dari batere tidak ada, efeknya perintah yang ada dalam sebuah hape untuk menampilkan 'lambang charger' itu tidak muncul. Sekalipun kita cas semalam full, sama sekali itu tidak membuahkan hasil.

Cara Flashing Vivo Y15 Hardbrick / Matot

Jika posisi seperti itu, silakan cabut baterenya dan dicas dengan cas kodok terlebih dahulu, dan itu akan berhasil jika yang bermasalah bukan pada hapenya, tetapi pada baterenya.

Bagaimana dengan hape vivo, oppo, evercoss, advan, dan hape lainnya tiba-tiba mati sendiri tanpa sebab? Itu biasanya berpengaruh pada 'ketahanan hardware' sebuah hape, bisa jadi akibat hank atau macet karena main game, sering nge-lag atau hal lainnya, lalu kita abaikan dan tiba-tiba mati sendiri. Dan juga sebagian kecil yang bermasalah batere seperti yang dikemukankan diatas.

(Baca juga) Solusi Vivo Y15 blank biru dan restart-restart setelah flash

Bagaimana dengan software? Itu juga salah satu hal yang bisa membuat hape padam. Dalam penanganan misalnya kita salah dalam mengambil rom atau rom sama tetapi versi rom atau versi build itu berbeda dengan versi hapenya juga akan mengakibatkan hal yang sama, biasanya itu akibat kecentang 'preloader' saat melakukan flashing pada android yang berchipset MTK.

Untuk lebih jelasnya, silakan pelajari fungsi dan menu-menu pada sp flashtool MTK. Jika sudah mengetahui semua fungsi dan kegunaan masing-masing file dalam folder scatters, maka kita bisa memilih file mana yang kita butuhkan untuk menangani android yang sedang kita eksekusi, jadi tidak selalu kita flash full, cukup yang dibutuhkan saja.

Jika untuk menangani vivo y15 bootloop atau mentok logo, maka anda cukup flash hanya dengan mencentang 3 tempat saja, silakan masukkan rom y15-nya ke sp flashtool dan pilih : system, userdata dan cache, itu sudah melebihi dari cukup, jadi tidak usah full centang.

Bagaimana dengan vivo y15 yang matot? Maka anda tinggal mencari Rom Vivo Y15 original (official) atau backupan, baik yang jelly bean atau kitkat.

Ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Silakan download firmware vivo y15 flashtool dan lakukan flash seperti biasa anda lakukan. yaitu : buka flashtool, masukkan file scatter dan flash dengan mencentang full (full flash).
  2. Jika masih bandel, saya sarankan silakan format terlebih dahulu baru kemudian dilanjut dengan flash.
  3. Jika masih gagal, kemungkinan firmware yang anda masukkan belum cocok, saran silakan flashing lagi dengan menggunakan firmware lainnya.

Pada vivo all model tersebut banyak versi rom yang saya sediakan, jadi silakan download beberapa versi rom saja, untuk menghemat quota (misalnya) saya sarankan hanya 3 versi saja, karena saya sendiri mengandalkan 3 versi rom untuk menangani vivo y15 padam.

  1. Vivo_Y15cw_PD1304CW_EX_A
  2. Vivo_Y15_By_ARH (lupa saya cek buildnya berapa)
  3. Vivo_Y15_By_Galih_W (lupa saya cek buildnya berapa) 

Saya biasanya jika versi ARH tidak bisa menghidupkan vivo y15 yang matot, maka saya menggunakan versi lainnya, dan hasilnya sering 'done' begitu juga sebaliknya.

Kesimpulan :
Jangan hanya mengandalkan 1 atau 2 firmware saja untuk flashing, sebaiknya koleksi beberapa versi untuk hasil yang lebih 'terjamin'.


Semua posting tentang ANDROID rata-rata hasil tested jika ada yang gagal, kemungkinan terjadi kesalahan pada caranya, firmwarenya atau perangkatnya.

Untuk firmware Samsung BI, Oppo OTA, Advan, Evercoss silakan request via komentar atau WA +6285261020345

EmoticonEmoticon